Press "Enter" to skip to content

Datangi Pasar, Tamzil Didesak Berani Menurunkan Harga

Dalam kampanye hari kelima, Selasa (10/6), calon gubernur M Tamzil, mengunjungi Pasar Wage, Purwokerto, Banyumas. Tamzil datang sendiri tanpa ditemani pasangannya, Rozak Rais.

Kepada Tamzil, para pedagang di Pasar Wage berpesan agar calon gubernur nomor urut lima itu berani menurunkan harga barang apabila terpilih menjadi gubernur. Selain Pasar Wage, sedianya Tamzil juga hendak berkampanye di Terminal Purwokerto tapi rencana tersebut dibatalkan.

Meski tak ada suasana gegap gempita dalam kampanye yang dilakukan Tamzil di Pasar Wage, kehadiran mantan Bupati Kudus itu sempat menyedot perhatian pedagang dan pembeli yang hadir di pasar tersebut. Namun, warga yang hadir cenderung dingin dan pasif. Tidak ada teriakan yang mengelu-elukan pasangan ini sebagaimana umumnya kampanye.

Tak banyak kata yang diucapkan Tamzil dalam kampanye itu. Orasi justru banyak disuarakan tim sukses yang dibawanya. Di pasar tersebut, mantan Bupati Kudus ini memilih memborong barang dagangan se jumlah pedagang seperti ikan segar, sayuran, dan buah-buahan. Dia juga sempat berdialog ringan dengan para pedagang pasar.

Sejumlah pedagang pasar menyampaikan pesan kepadaTamzil agar berani menurunkan harga-harga barang apabila terpilih menjadi Gubernur Jateng. “Harga-harga barang sejak harga bahan bakar minyak naik menjadi ikut naik. Jadi, kalau terpilih jadi gubernur, bapak harus berani menurunkan harga barang,” tutur Sarsiti, salah seorang pedagang di Pasar Wage.

Selain didampingi tim kampanye dari parpol-parpol pendukungnya, Tamzil juga didampingi para anggota Penjaring Aspirasi Masyarakat Banyumas (Jaring Mas), organisasi kemasyarakatan yang menyatakan mendukung pasangan Tamzil-Rozak Rais.

Ketua Jaring Mas, Akip Saputra, mengatakan, Jaring Mas yakin dapat mengumpulkan suara 150.000 untuk Tamzil di wilayah Banyumas. Suara itu akan datang dari elemen-elemen yang tergabung dalam Jaring Mas yang didominasi pedagang kaki lima, tukang ojek, dan tukang becak di wilayah Banyumas. Suara itu akan datang dari warga di luar parpol pendukung Tamzil, imbuh Akip.

Staf Hubungan Masyarakat DPD PAN Banyumas, Nurfaizi menyatakan optimistis Tamzil-Rozak Rais mampu menang di lima kecamatan dari 27 kecamatan di wilayah Banyumas. Lima kecamatan tersebut adalah Cilongok, Ajibarang, Wangon, Sumpiuh, dan Kemranjen.