Press "Enter" to skip to content

Enam Perupa Kanvaskan Barack Obama

Berawal dari ketenaran sosok Barack Obama, enam perupa Pasar Seni Taman Sari, Kota Bandung, Jabar, Sabtu, berkolaborasi mengkanvaskan calon termuda Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat itu.

Keenam perupa kawakan tersebut, yakni Basuki Bawono, Maman Iskandar, Mier Komara, Zulfli, Gino dan Herman. Mereka melukis di atas kanvas berbeda ukuran dengan karakter lukisan yang berbeda satu sama lain, dari mulai aliran realis, ekspresif, karikatur, dan abstrak.

Lukisan itu rencananya akan dikirimkan ke Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta. “Kami berharap mungkin saja pihak Obama tertarik untuk menjadikannya sebagai media kampanye atau tertarik untuk membeli lukisan kami,” kata Basuki Bawono, salah seorang perupa itu.

Menurut dia, Barack Obama dipilih sebagai objek lukisan karena yang bersangkutan merupakan tokoh populer di dunia saat ini, serta Obama memiliki unsur kedekatan dengan Indonesia karena pernah tinggal di republik ini.

“Dengan cara melukis seperti ini kami memberi dukungan dan apresiasi, kami juga menilai Obama merupaka tokoh yang berkualitas, memiliki wawasan yang luas serta memiliki kedekatan, karena pernah tinggal di Indonesia,” tukasnya.

Hingga siang ini para perupa masih terus menyelesaikan karyanya,  diantara para perupa yang tengah melukis lambang hati berwarna merah yang menggantikan karakter huruf ‘O’ dilanjutkan dengan kata ‘Bama… yes!’

Selain itu sebuah bendera Amerika Serikat ditancapkan di salah satu pohon. Terdapat pula kain putih bertuliskan ‘You are the world hope’ yang menyemarakan suasana dan di bawah tatapan ratusan pasang mata memerhatikan kelincahan jemari keenam perupa itu.(ANT)