Hallo!

Selamat Datang, Sobat!

Ditengah teramat banyaknya persoalan yang menghantam bangsa ini, baik oleh ulang langsung dan tidak langsung, maupun oleh alam itu sendiri menimbulkan keprihatinan kita semua dan menyisakan sejumlah tanya. Selain bangsa ini telah salah urus cukup lama, lagu Ebiet G. Ade “..mungkin Tuhan mulai bosan, melihat tingkah kita, yang selalu salah dan bangga akan dosa-dosa? // atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita…??”, tampaknya “terlalu tepat” untuk bangsa kita.

Maaf kalau saya sebut, bangsa ini telah selalu sial karena selalu diurus secara parsial. Kita, bagian terbesar dari rakyat Indonesia luar biasa melarat di tengah-tengah melimpahnya kekayaan alam. Kenyataan seperti itu dapat kita runut dengan logika yang sangat sederhana. Sebagian besar rakyat menderita bukan karena alamnya yang tidak mampu menyejahterakan mereka, bukan karena kemampuan dasar (pada awalnya) manusia-manusianya yang demikian rendah sehingga mereka tidak bisa sejahtera. Pemimpin – pelayan – pengurus – wakil – permusyarwaratan rakyat itu lah yang menjadi biang keladinya.

Sebutlah kita menganut “Trias Politica” versi kita sendiri yang berdasar pada Pancasila, dimana Kekuasaan negara dibagi atas tiga bagian besar yaitu Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. Tertapi

Situs pribadi ini saya hadirkan untuk men-share informasi, kepedulian, keprihatinan, perespektif, dan alternatif-alternatif pemikiran yang mengarah kepada solusi yang lebih komprehensif. Bila tidak mungkin menghimpun manfaat sejauh itu, paling tidak, dapat mengarah pada pemahaman bersama yang saling medekati, tentang apa yang sedang terjadi.

Tinggalkan komentar anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.