Press "Enter" to skip to content

Kenapa Kecerdasan Emosional (EQ) Penting?

  1. Gudang  ingatan emosional adalah amigdala. Hewan  yang telah dibuang amigdala-nya,  maka tidak mempunyai rasa takut dan amarah, kehilangan dorongan untuk bersaing atau bekerja sama, tidak lagi mpunyai kepekaan tentang kedudukan dalam jenjang  sosial.
  2. IQ menyumbang kira-kira 20 % bagi faktor-faktor  yang  menentukan sukses dalam hidup, maka yang 80 % diisi oleh kekuatan-kekuatan lain, itulah  EQ. Daniel Goleman. 1996.Emotional Intelligence.
  3. Tidak ada keberhasilan sejati tanpa keberhasilan emosional, namun demikian ada lebih dari 3000 jenis emosi yang dapat kita jelaskan, umumnya  orang hanya merasakan sekitar selusin jenis dalam waktu seminggu.
  4. EQ  tinggi membantu dan membuat  kita untuk : mengenal diri sendiri, menunjukan pengertian, empati, penyesuaian diri, pengendalian diri,
  5. EQ  membantu menentukan apa yang harus dimakan, siapa yang akan dinikahi, pekerjaan yang akan diambil, menjaga keseimbangan antara kebutuhan pribadi dan orang lain.
  6. EQ  membantu membangun hubungan  dalam menuju kebahagiaan dan kesejahteraan.
  7. Kecerdasan emosional adalah kecerdasan untuk menggunakan emosi sesuai keinginan, kemampuan  untuk mengendalikan emosi sehingga memberikan  dampak yang positif.
  8. Kemampuan dalam mengelola emosi diri  disebut dengan intra personal skills  dan kemampuan  pengendalian emosi dalam berinteraksi dengan orang lain disebut inter personal skills.
  9. Anak dengan IQ tinggi, atau sangat cerdas, pasti diterima di sekolah terbaik dan akan mendapatkan pekerjaan di tempat yang baik pula dimasa dewasanya. Itulah pandangan yang diyakini pada kebanyakan orang.Ternyata EQ yang membantu  dalam banyak  hal.
  10. Kecerdasan emosi  yang tinggi akan membuat anak lebih mampu mengatasi berbagai tantangan dalam kehidupannya.