Press "Enter" to skip to content

Obama: Temui Aku di St Louis

Mendengarkan ceramah soal ekonomi di bawah terik matahari tentunya bukan ide menarik bagi banyak orang. Namun, hal itu tak berlaku bagi Barack Obama yang berhasil menyedot perhatian dari 100.000 orang saat calon presiden AS dari Partai Demokrat itu membeberkan kebijakan ekonominya dalam kampanye di St Louis, Missouri.

Para pendukung Obama yang sebagian besar mengenggam kamera untuk mengabadikan peristiwa itu diawasi oleh beberapa agen keamanan Secret Service. Lima agen keamanan diantaranya berdiri di sekitar podium tetapi sejumlah agen keamanan lainnya tersebar di antara kerumunan orang yang hadir dalam kampanye itu.

Di atas panggung tempat pijakan Obama yang ditandai oleh tanda silang biru terdapat 2 layar antipeluru yang ditutupi oleh bendera AS.  Podium yang digunakan oleh Obama untuk berpidato juga antipeluru. Pada podium itu hanya terlihat sebuah rak yang diantaranya digunakan untuk menaruh sebuah botol air.

Obama membaca pidato yang berada di depannya dan juga dari teleprompter – layar kaca yang muncul dari 2 kotak hitam dari salah satu sisi podium. Obama telah berupaya maksimal untuk merebut dukungan dari negara bagian Missouri yang belum didominasi oleh kubu manapun.

Pada pekan terakhir kampanye menjelang pemilihan presiden AS 4 November nanti, kubu Republik memfokuskan perebutan dukungan di Virginia yang sejak tahun 1964 mendukung Republik tetapi saat ini mengarahkan dukungan ke Demokrat. “Kami hanya ketinggalan beberapa poin (dari Obama), tapi kami akan mengejar ketinggalan itu. Kami tak takut bersaing, aku siap menghadapinya dan kalian akan berjuang bersama saya,” tegas rival Obama, John McCain.

Obama telah berkampanye di Nevada, Colorado dan kemudian melanjutkannya di Missouri. Seluruh negara bagian itu telah menyuarakan dukungan ke Presiden George W. Bush 4 tahun lalu. Kunjungan Obama ke Colorado menandai kunjungannya ke-6 ke negara bagian yang belum dikuasai oleh kubu manapun itu sejak senator Illinois tersebut meraih nominasi Demokrat Juni lalu.

JIM. Sumber : daily mail