Press "Enter" to skip to content

PILKADA SUMUT 2013: KPU Sumut Tetapkan 5 Pasangan Calon Gubernur & Wagub

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatra Utara resmi menetapkan lima pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Utara yang akan mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah pada 7 Maret 2013.

Penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur ini berdasarkan Keputusan KPU Sumut Nomor 13/KPTS/KPU Prov-002/2012 tentang Penetapan Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang memenui syarat dalam pelaksanaan Pilkada Sumut 2013.

 Ketua KPU Sumatra Utara Irham Buana Nasution mengatakan sesuai tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, hari ini (13/12) pihaknya melakukan penetapan terhadap pasangan calon yang memenuhi syarat.

 “Ada lima pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilukada [Pilkada] Sumut 2013 setelah dilakukan penelitian dokumen administrasi dan verifikasi faktual,” katanya.

Kelima pasangan yang ditetapkan itu yakni pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi (diusung PKS, Partai Hanura, Partai Patriot dan beberapa partai lain).

 Pasangan Chairuman Harahap-Fadly Nurzal (Partai Golkar, PPP dan beberapa partai lain), pasangan Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (Partai Gerinda, PAN, Partai Barmas, Partai Pelopor, dan beberapa partai lain).

 Pasangan Effendi Simbolon-Djumiran Abdi (PDI-Perjuangan, Partai Damai Sejahtera (PDS), dan Partai Peduli Rakyat Nasional). Pasangan terakhir, pasangan Amri Tambunan-Rustam Effendi (RE) Nainggolan (Partai Demokrat).

 Turunan Gulo, Divisi Teknis KPU Sumut mengatakan keputusan penetapan ini dapat dipertanggungjawabkan karena dokumen-dokumen pasangan calon dijamin lengkap. (sumber : bisnis.com)