Press "Enter" to skip to content

Tanda Type ex Senilai Rp 1 Miliar

Tanda type ex di buku rekening Amiruddin Rustan yang diperlihatkan Anggota Panitia Khusus Hak Angket DPR RI tentang skandal Bank Century terbilang tak sedikit. Tanda berwarna putih pada buku rekening Amiruddin Rustan ini menutup kode transaksi keuangan Amiruddin Rustan. Kode nilai transaksi yang ditutupi ini sebesar Rp 1 miliar.

“Yang di type ex itu ada yang nilainya Rp 1 miliar, ada yang Rp 500 juta dan ada yang Rp 350 juta,” ucap Anggota Pansus asal Partai Hanura Akbar Faisal di Jakarta, Minggu (14/2/2010).

Selain menutupi transaksi yang lumayan besar, menurut Akbar, tanda type ex ini juga dibumbuhi tanda panah. “Ada tanda panah dari tanggal ke nominal rekening. Ini yang membuat saya bingung,” jelasnya seraya mengaku, hingga kini belum menemukan motif di balik tanda type ex tersebut.

“Saya belum tahu motifnya karena penjelasannya tidak lengkap,” ungkapnya.

Saat pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan itu, Jumat (12/2) lalu, Akbar sempat menanyakan alasan penghapusan sejumlah transaksi perbankan yang tertera di buku rekening Amiruddin Rustan. Tak berbelit, Amiruddin menegaskan, tanda type ex sekedar kesalahan tulisan belaka. Pansus pun diperlihatkan data rekening koran untuk menyesuaikan rekening yang tertera di buku rekening yang dihapus dengan type ex tersebut.